Selasa, 2 Juni 2020 | Saatnya Buruh Cerdas

Ingin Mengundurkan Diri, Apa Dapat Pesangon?

Konsultasi KetenagakerjaanKatagori: QuestionsIngin Mengundurkan Diri, Apa Dapat Pesangon?
andi asked 2 bulan ago

saya bekerja di ekspedisi sebagai kurir sepeda di wilayah jawa lebih dari 3 tahun. dalam melaksanakan pengantaran saya di harus kan mengirim 3 kecamatan yg cukup luas dan medan yang cukup sulit tiap hari. pdhl ekspedisi kurir yang lain di kota saya semuanya menerapkan 1 kecamatan 1 kurir bahkan ekspedisi yang lain dengan paket yang sudah cukup banyak sudah menerapkan 1 kecamatan 2 kurir. bahkan aku pernah mengajukan tambahan tenaga ke pihak menejemen, tapi salah satu pihak menejemen menekan untuk pilihan kepada saya kalau tidak mau melaksanakn dalam sehari melakukan pengiriman 3 kecamatn maka saya harus keluar, padahal dengan adanya 1 kecamatan 1 kurir setidaknya saya bisa merasakan kesejahteraan kerja dan tidak terlalu terfosir saat ini.
yang ingin saya tanyakan
1. apakah dalam perusahaan pengiriman tidak ada patokan wilayah satu kecamatan satu kurir semisal mengacu pada PT POS.
2. semisal ada keterpaksaan saya keluar ( di karenakan wilayah yang berlebihan sehingga memforsi tenaga / sudah ketidak sanggupan bekerja ) apakah saya berhak dapat pesangon.
3. apakah dalam hal tersebut di atas pihak perusahaan termasuk salah, karena pada umum ekspedisi sepeda motor yang ada di kota aku menerapkan satu kurir untuk 1 kecamatan sehingga bisa di peroleh kesejahteraan dalam bekerja
Mohon jawabannya yang mungkin bisa membantu saya. terima kasih

1 Answers
adminbo Staff answered 2 bulan ago

Halo Pembaca BuruhOnline,
Terlebih dahulu kami mengapresiasi aktifitas Saudara yang selama ini menjadi penyambung paket kiriman barang di daerah, apalagi menggunakan alat transportasi sepeda. Jika berkenan, kami ingin meminta Nomor Handphone Saudara dan dikirimkan melalui Nomor WhatsApp kami di 0877-008-28784.
Setelah kami menela’ah pertanyaan Saudara, dapat disimpulkan bahwa pertanyaan Kesatu dan Ketiga, merupakan kebijakan internal dari Perusahaan tempat Saudara bekerja. Sedangkan untuk pertanyaan Kedua, Saudara dapat dikualifikasikan mengundurkan diri (resign), yang hanya berhak mendapatkan uang penggantian hak sesuai diatur dalam Pasal 156 ayat (4) Undang-Undang Nomor 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan.

Kami sarankan Saudara untuk membaca artikel kami di https://buruh-online.com/2019/12/cerita-tukang-pos-yang-bekerja-seminggu-sekali-ditengah-skema-kerja-dibawah-35-jam-seminggu.html

Demikian, semoga bermanfaat.