Sabtu, 4 Juli 2020 | Saatnya Buruh Cerdas

Putusan Gugatan Dalam Nomor Perkara Berbeda Dengan Pihak Yang Sama

Konsultasi KetenagakerjaanKatagori: QuestionsPutusan Gugatan Dalam Nomor Perkara Berbeda Dengan Pihak Yang Sama
Sugeng Barkah asked 5 bulan ago

Semangat pagi Admin,
Kawan saya sedang berselisih dengan perusahaan tempat beliau bekerja. Tahapan sudah melalui perundingan bipartit dan mediasi yang belum mencapai titik kesepakatan, sehingga Mediator mengeluarkan Anjuran. 
Saat ini sedang berproses di PHI Jakarta Pusat.
Persoalannya adalah para pihak saling menggugat tidak dalam konvensi dan rekonvensi, namun dalam perkara yang berbeda. Gugatan pekerja dalam nomor perkara 04 (PHK dan hak) dgn tuntutan menghukum perusahan membayar Rp. 3,8 Miliar, sedangkan gugatan perusahaan dalam nomor perkara 07 (PHK saja) dengan tuntutan dihukum bayar Rp. 86 juta. 
Sidang pertama perkara 04 dan 07 sudah terlaksana dengan selisih 1 (satu) hari dengan Majelis Hakim berbeda.
Pertanyaannya adalah apakah ada kemungkinan (misal) putusan perkara 07 lebih dulu dibacakan oleh Majelis Hakim akan mempengaruhi putusan perkara 04?
Demikian dan terima kasih.
 
Salam,
Barkah

1 Answers
adminbo Staff answered 5 bulan ago

Dear Pembaca BuruhOnline yang baik,
Menjawab pertanyaan Saudara mengenai kemungkinan ada atau tidaknya Putusan yang dibacakan terlebih dahulu dalam obyek permasalahan yang sama dalam satu Perusahaan. Terlebih dahulu kami sampaikan, bahwa sistem peradilan di Indonesia menganut sistem Civil Law yang tidak terlalu berpengaruh terhadap adanya putusan-putusan terdahulu (jurisprudensi).
Sehingga dengan uraian diatas, maka dimungkinkan akan adanya perbedaan pertimbangan Majelis Hakim dalam memeriksa dan mengadili suatu perkara, meskipun memiliki obyek permasalahan yang sama.
Demikian, terima kasih.