Selasa, 2 Juni 2020 | Saatnya Buruh Cerdas

Pemberian Uang Makan

Konsultasi KetenagakerjaanPemberian Uang Makan
MBUDI YANTO asked 5 bulan ago

Selamat pagi.
Min.. pada dasarnya UndangUndang Nomor 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan (“UU Ketenagakerjaan”) tidak mengatur secara normatif mengenai tunjangan makan. … Melihat pada uraian di atas, dapat disimpulkan pengusaha tidak diwajibkan memberi tunjangan/uang makan kepada pekerja.
Yang kami tanyakan diperusahaan tempat bekerja sudah ada PKB (Perjanjian Kerja Bersama) yang telah disepakati antara perusahaan dengan SPSI untuk memberikan uang makan berdasarkan kehadiran, PKB tersebut masih berlaku, apakah perusahaan tersebut melanggar aturan ?

1 Answers
adminbo Staff answered 5 bulan ago

Pembaca BuruhOnline yang baik,
Ketentuan perundang-undangan ketenagakerjaan memang tidak mengatur tunjangan uang makan, tetapi hanya mengatur pemberian makan pada pekerja/buruh yang bekerja lembur selama 3 jam atau lebih dan pekerja/buruh perempuan yang bekerja antara Pukul 11 malam hingga 7 pagi.
Sedangkan apabila pemberian makan diatur dalam Peraturan Perusahaan atau Perjanjian Kerja Bersama, maka Perusahaan wajib melaksanakannya kepada pekerja/buruh yang hadir dan menjalankanb kewajibannya. Jika tidak dijalankan, maka Perusahaan dapat dianggap telah melanggar PP/PKB tersebut.
Semoga bermanfaat, terima kasih.