Kamis, 18 Juli 2019 | Saatnya Buruh Cerdas
2.082

Pengusaha Bayar Upah Dibawah Upah Minimum, Bagaimana Cara Melaporkannya?

Ilustrasi. (gambar: prokepri.com)

Pertanyaan:

Saya bekerja di salah satu perusahaan di Bali, tapi upah yang kami terima dibawah upah minimum yang berlaku. Bagaimana cara saya melaporkan tindakan perusahaan tersebut, agar dapat ditindak-lanjuti?

Salam, Rahmat.

Ilustrasi. (gambar: prokepri.com)
Ilustrasi. (gambar: prokepri.com)

Jawaban:

Terima kasih telah menjadi pembaca buruh-online.com.

Atas pertanyaan Saudara, maka terlebih dahulu kami sampaikan dasar hukum kewajiban pengusaha membayar upah setidak-tidaknya sama dengan upah minimum yang berlaku.

Pasal 90 ayat (1) Undang-Undang Nomor 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan (UU 13/2003), dinyatakan: “Pengusaha dilarang membayar upah lebih rendah dari upah minimum sebagaimana dimaksud dalam Pasal 89”. Terhadap pelanggaran sanksi atas pembayaran upah dibawah upah minimum yang telah ditetapkan oleh Gubernur setempat, dapat dikenakan pidana penjara paling lama 4 (empat) tahun dan/atau denda paling banyak Rp.400 juta, sebagaimana diancam oleh Pasal 185 ayat (1).

Guna menegakkan ketentuan perundang-undangan ketenagakerjaan, UU 13/2003 dalam Pasal 176 hingga Pasal 182, mendelegasikan kewenangan penjaminan pelaksanaan undang-undang ketenagakerjaan ke Pegawai Pengawas Ketenagakerjaan, yang ditetapkan atau ditunjuk oleh Menteri Ketenagakerjaan. Tugas yang dimiliki oleh Pegawai Pengawas Ketenagakerjaan, diantaranya adalah sebagai Penyidik Pegawai Negeri Sipil (PPNS), yang mempunyai kewenangan untuk melakukan pemeriksaan (penyelidikan) dan penyidikan tindak pidana dibidang ketenagakerjaan, termasuk pembayaran upah dibawah upah minimum yang berlaku.

Terhadap pertanyaan Saudara, bagaimana cara Saudara melaporkan tindakan perusahaan yang tidak membayar upah minimum yang berlaku. Maka, Saudara dapat melaporkannya secara tertulis ke Pegawai Pengawas Ketenagakerjaan pada instansi yang bertanggung jawab dibidang ketenagakerjaan pada tingkatan provinsi, disertai dengan bukti-bukti permulaan yang dimiliki. Saudara dapat meminta Pegawai Pengawas untuk melakukan pemeriksaan, penerbitan Nota Pemeriksaan, Nota Penetapan, hingga melakukan penyelidikan pro justitia.

Demikian tanggapan yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

1
Leave a Reply

avatar
1 Comment threads
0 Thread replies
0 Followers
 
Most reacted comment
Hottest comment thread
1 Comment authors
Subindri Recent comment authors
  Subscribe  
newest oldest most voted
Notify of
Subindri
Guest
Subindri

Perusahaan meaikkan jabatan tapi upah tidak sesuai dengan jabatan atau tanggung jawab, dan upah tidak merata dengan jabatan yg sama, ada yang tinggi dan ada selisihnya tipis dengan UMR, apakah bisa di tutut, dan kemana kami melaporkanya