Type to search

KONSULTASI KETENAGAKERJAAN

Apakah Pekerja Toko Punya Hak Upah Lembur, Upah Minimum dan Cuti-cuti?

Share

Pertanyaan:

Saya bekerja sejak tahun 2011 di sebuah toko yang menjual alat-alat bangunan, seperti engsel kunci, grendel, handle pintu, dan lain-lain. Jam kerja saya dimulai dari Pukul 06.00 pagi sampai 20.00 malam, atau 14 jam setiap hari, termasuk tetap bekerja pada hari libur, kecuali lebaran. Yang mau saya tanyakan, apakah saya juga punya hak seperti apa yang telah di tetapkan undang-undang mengenai upah jam lembur, upah minimum, dan cuti tahunan yang sudah di tetapkan Pemerintah? (Rama Wijaya)

Ilustrasi.

Jawaban:

Terima kasih telah menjadi Pembaca buruh-online.com.

Atas pertanyaan Saudara, maka yang harus ditanggapi terlebih dahulu adalah apakah toko tempat Saudara bekerja dapat dikualifikasikan sebagai perusahaan yang wajib menta’ati seluruh ketentuan peraturan perundang-undangan ketenagakerjaan?

Didalam ketentuan Pasal 1 angka 4 Undang-Undang Nomor 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan (selanjutnya disebut UU 13/2003), dinyatakan : Pemberi kerja adalah orang perseorangan, pengusaha, badan hukum, atau badan-badan lainnya yang mempekerjakan tenaga kerja dengan membayar upah atau imbalan dalam bentuk lain.

Kemudian dalam Pasal 1 angka 6 huruf a UU 13/2003, lebih tegas dinyatakan : Perusahaan adalah setiap bentuk usaha yang berbadan hukum atau tidak, milik orang perseorangan, milik persekutuan, atau milik badan hukum, baik milik swasta maupun milik negara yang mempekerjakan pekerja/buruh dengan membayar upah atau imbalan dalam bentuk lain.

Memperhatikan ketentuan tersebut diatas yang dihubungkan dengan pertanyaan Saudara, maka makna pemberi kerja ialah orang yang menjalankan sebuah usaha milik perseorangan, yang mempekerjakan tenaga kerja dengan membayar upah yang dinyatakan dalam bentuk uang. Oleh karenanya, setiap bentuk usaha (termasuk tempat Saudara bekerja) yang mempekerjakan Saudara (tenaga kerja), berkewajiban untuk menjalankan ketentuan perundang-undangan ketenagakerjaan yang berlaku, termasuk diantaranya upah minimum, upah lembur, cut-cuti dan seluruh hak-hak yang diatur dalam UU 13/2003 atau ketentuan lainnya.

Demikian tanggapan yang dapat kami sampaikan, terima kasih.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *