Kamis, 12 Desember 2019 | Saatnya Buruh Cerdas
85

Ketika Juru Kamera INewsTV Menuntut Status Kerja

Tidak ada larangan bagi Pengusaha yang hendak menerapkan sistem kerja kontrak, asal telah memenuhi syarat-syarat yang telah ditentukan dalam ketentuan perundang-undangan.

Melalui Pengadilan Hubungan Industrial (PHI) pada Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, Abdul Jabbar Hafidz Albar, dkk (3 orang) meminta agar dirinya dipekerjakan kembali oleh PT. Sun Televisi Network (INewsTV) dengan status hubungan kerja sebagai pekerja tetap. Sebab selama bekerja kurang lebih selama 3 tahun, ketiganya diperjanjikan dengan hubungan kerja waktu tertentu (kontrak).

Akan tetapi menurut Tri Asmoko Aripan selaku kuasa hukum juru kamera dan pengumpul berita tersebut, jenis dan sifat pekerjaan sebagai juru kamera bukanlah sebagai pekerjaan yang dapat diselesaikan dalam waktu tertentu, musiman atau dalam masa penjajakan, sesuai syarat yang telah diatur dalam Pasal 59 Undang-Undang Nomor 13 Tahun 2003.

“Dan mereka bekerja di jenis pekerjaan yang bersifat tetap, ada yang kameraman, ada yang newslibrary,” ujar Asmoko usai persidangan yang digelar oleh Majelis Hakim yang diketuai oleh Hakim M. Djoenanidie, dengan agenda pemeriksaan pendahuluan di ruang sidang Kusuma Admadja 4, Rabu (15/05/2019) kemarin.

Sebelum sidang ditunda hingga pekan depan, Djoenanidie sekalu Ketua Majelis Hakim meminta Asmoko untuk dapat memperkuat kedudukan hukum (legal standing)-nya yang merupakan federasi serikat pekerja tingkat pusat, dalam hal sebagai penerima kuasa dari Pekerja PT. Sun Televisi Network.

1
Leave a Reply

avatar
1 Comment threads
0 Thread replies
0 Followers
 
Most reacted comment
Hottest comment thread
0 Comment authors
Recent comment authors
  Subscribe  
newest oldest most voted
Notify of
trackback

[…] Buruh-Online.com – Sidang lanjutan dalam perkara perselisihan pemutusan hubungan kerja antara Abdul Jabbar Hafidz Albar dan […]