Jumat, 13 Desember 2019 | Saatnya Buruh Cerdas
425

Cuti Tidak Diberikan, Pekerja First Media News Menolak Dianggap Mengundurkan Diri

Jakarta, Buruh-Online.com – Jekson Simanjuntak, akhirnya menempuh upaya hukum penyelesaian kasus pemutusan hubungan kerja dirinya dengan PT. First Media News, ke Pengadilan Hubungan Industrial (PHI) pada Pengadilan Negeri Jakarta Pusat sejak 24 April 2019 lalu. Ia dalam tuntutannya, meminta agar Majelis Hakim PHI Jakarta Pusat menyatakan hubungan kerjanya tidak terputus, dan memerintahkan Perusahaan mempekerjakannya kembali.

Jekson, usai persidangan mengatakan, dirinya dianggap mangkir karena tidak menjalankan kewajibannya terhadap PT. First Media News. Padahal, ia sudah mengajukan cuti sebelum berangkat ke Palu untuk tugas kemanusiaan dengan mendirikan Posko Media Center yang diinisiasi Aliansi Jurnalis Independen (AJI) pada Oktober 2018 lalu.

“Pada saat saya berangkat kesana (Palu), saya sebenarnya mengajukan cuti tapi cuti saya tidak diberikan,” ujar Jekson, Rabu (19/06/2019). Ia mengaku, dirinya menerima surat panggilan kerja sebanyak dua kali, tetapi diberikan dalam jeda waktu 1 (satu) hari.

Pada saat panggilan kedua, Jekson memenuhi panggilan tersebut, dan menjelaskan kegiatan dan keberadaan dirinya. Namun menurut Jekson, Pihak PT. First Media News tidak dapat menerima keterangan yang ia sampaikan. “Mereka tetap menganggap saya mangkir,” tambahnya.

Menurut Jekson, Perusahaan tidak dapat menganggap dirinya mangkir karena ia yang telah bekerja sejak tahun 2010 dengan jabatan terakhir sebagai Produser Berita itu, terlebih dahulu telah mengajukan cuti.

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of