Sabtu, 7 Desember 2019 | Saatnya Buruh Cerdas
258

Gugatan Tidak Diterima, Dua Buruh Ini Bebas Dari Tuntutan 3,2 Miliar

Jakarta, Buruh-Online.com – Haru sekaligus bercampur bahagia, itulah yang terlukiskan dari wajah Burhanudin dan M. Nurdin, setelah Majelis Hakim Pengadilan Negeri Jakarta Barat menyatakan gugatan PT. Sumber Bahagia Metalindo sebesar Rp3,2 miliar, tidak dapat diterima (Niet Onvankelijke verklaard). Dalam surat gugatan yang diregister dengan Perkara Nomor 850/Pdt.G/2018/PN.Jkt.Brt itu, PT. Sumber Bahagia Metalindo menganggap  keduanya telah melakukan perbuatan melawan hukum.

Dalam pertimbangan hukum yang dibacakan oleh Hakim Hari Tri Hadiyanto, Perusahaan menempatkan dirinya sebagai subyek hukum tetapi dalam surat gugatan tidak dijelaskan siapa yang memiliki hak untuk bertindak mewakili PT. Sumber Bahagia. Selain itu, gugatan yang ditujukan kepada Burhanudin dan M. Nurdin mendalilkan gugatan yang peristiwa hukum keduanya berbeda.

Atas amar putusan yang menyatakan gugatan PT. Sumber tidak dapat diterima tersebut, dinilai Maruli Rajagukguk selaku kuasa hukum Burhan dan Nurdin, patut diapresiasi. “Putusan Majelis Hakim patut kita apresiasi, walaupun sebenarnya masih belum memeriksa pokok perkara. Karena tidak memenuhi syarat formil, maka gugatan tidak dapat diterima,” ujarnya, Selasa (25/06/2019).

Dikatakan Maruli, karena PT. Sumber Bahagia Metalindo adalah badan usaha yang berbadan hukum, maka legalitas formalnya sebagai Perusahaan yang dikatakan dapat bertindak di dalam dan di laur pengadilan, haruslah diajukan oleh pihak-pihak yang diberi wewenang sesuai ketentuan yang terkandung dalam Undang-Undang Perseroan Terbatas.

Seperti telah pernah diberitakan sebelumnya, Perusahaan yang berlokasi di Pegadungan, Kalideres, Jakarta Barat itu, juga meminta kepada Majelis Hakim untuk menyita tanah dan rumah yang ditempati Burhanudin dan M. Nurdin. Keduanya menilai telah melakukan tindakan yang merugikan Perusahaan, diantaranya kerugian yang timbul dari operasional dan biaya-biaya proses hukum yang telah dikeluarkan. Burhan menduga, biaya-biaya tersebut timbul dari biaya jasa pengacara yang disewa Perusahaan selama ini, dalam menghadapi sengketa hukum dengannya selaku Ketua Serikat Pekerja sejak tahun 2013 lalu.

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of