Sabtu, 16 November 2019 | Saatnya Buruh Cerdas
236

Tak Hanya Kompensasi, Iuran Jaminan Sosial Selama Setahun Bekerja Juga Ikut Dituntut

Jakarta, Buruh-Online.com – Berdalih tidak langsung didaftarkan sebagai Peserta Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan, Novan Irwansyah mendaftarkan gugatan terhadap PT. Bina Mitra Indosejahtera ke Pengadilan Hubungan Industrial (PHI) pada Pengadilan Negeri Jakarta Pusat sejak 10 Mei 2019 lalu.

Sebelumnya, Novan telah berusaha untuk mengupayakan penyelesaian melalui musyawarah dan mediasi di Dinas Tenaga Kerja. Menurutnya, kala itu, Perusahaan dianjurkan untuk membayar uang kompensasi pesangon, atas pemutusan hubungan kerja karena efisiensi yang dilakukan PT. Bina Mitra tersebut. “Anjuran dari Disnaker, Pihak Perusahaan harus membayar sejumlah ganti rugi,” jelasnya, Kamis (20/06/2019).

Novan meminta Pengadilan, untuk menghukum Perusahaan membayar kepadanya kekurangan besaran iuran jaminan hari tua yang merupakan salah satu Program BPJS Ketenagakerjaan, sejak ia bekerja pada bulan Oktober 2017 sampai dengan Maret 2018. Perusahaan baru mendaftarkan Novan sebagai Peserta BPJS Ketenagakerjaan pada bulan April 2018, lalu ia diberhentikan secara sepihak pada 3 September 2018.

Dalam gugatan yang diregister dengan perkara Nomor 163/Pdt.Sus-PHI/2019/PN.Jkt.Pst, Novan yang mengaku sebagai asisten manager menuntut PT. Bina Mitra membayar uang kompensasi pemutusan hubungan kerja, kekurangan iuran jaminan sosial, dan upah selama tidak mempekerjakan dirinya yang seluruhnya berjumlah Rp100 juta lebih.

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of