Sabtu, 16 November 2019 | Saatnya Buruh Cerdas
88

Buruh Menggugat, Dua Belas Tahun Bekerja Masih Dianggap Kontrak

Bandung, Buruh-Online.com – Meski sudah tiga kali gelaran sidang di Pengadilan Hubungan Industrial (PHI) pada Pengadilan Negeri Bandung, namun PT. Cibadak Indah Sari Farm Unit Hatchery belum memberikan jawaban atas gugatan yang diajukan oleh Agus Rohanda dan kawan-kawan (7 orang). Dalam agenda persidangan yang dipimpin oleh Hakim Wasdi Permana, sidang recananya akan ditunda kembali hingga dua pekan.

Penundaan tersebut diajukan oleh para pihak, sebab menurut Rahmat Saputra selaku kuasa hukum tujuh orang Pekerja PT. Cibadak itu, tengah melakukan upaya perdamaian. “Kita meminta dua pekan ke depan, karena ada pembicaraan dengan Perusahaan yang berniat mengabulkan hak-hak karyawan,” ujarnya, Senin (8/7/2019).

Menurut Rahmat, pihaknya akan membuka kemungkinan perdamaian apabila PT. Cibadak mau mengabulkan tuntutannya. Dalam surat gugatan yang teregister dengan Perkara Nomor 134/Pdt.Sus-PHI/2019/PN.Bdg, Agus Rohanda dan kawan-kawan menuntut untuk dipekerjakan kembali di tempat dan posisi semula.

Lebih lanjut Rahmat mengatakan, Perusahaan telah memberhentikan Agus dan kawan-kawan sejak Oktober 2017. Upaya untuk menyelesaikan pemberhentian sepihak yang dilakukan Perusahaan, dengan alasan telah berakhirnya kontrak kerja, sudah pernah difasilitasi Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Subang pada 23 Februari lalu.

Rahmat membantah alasan Perusahaan terkait perikatan perjanjian kontrak. Sebab, Agus dan kawan-kawan telah bekerja hingga dua belas tahun secara terus menerus. “Kawan-kawan ini bekerja ada yang paling lama sampai 12 tahun. Di tahun 2017, Perusahaan menganggap mereka kontrak,” tuturnya.

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of