Senin, 26 Agustus 2019 | Saatnya Buruh Cerdas
199

Sekolah Buruh Perempuan TURC, Upaya Pemenuhan Hak Buruh Perempuan

Bogor, Buruh-Online.com – Berangkat dari keprihatinan hak-hak buruh perempuan yang kerap di korupsi, untuk mendapatkan sebagian keuntungan dari kegiatan produksi yang dilakukan oleh buruh perempuan. Sabtu (20/7/2019), Trade Union Right Center (TURC) menyelenggarakan Sekolah Buruh Perempuan di Caringin, Bogor, Jawa Barat.

Untuk kesekian kalinya, puluhan buruh perempuan yang berasal dari organisasi pekerja seperti SPSI, GSBI, F-Hukatan dan SPN) secara antusias mengikuti kelas. Menurut Wakil Direktur TURC Yasinta Sonia, mengatakan adanya kegelisahan yang besar antara jumlah kualitas dan kuantitas perjanjian kerja bersama yang ada di Perusahaan.

Ia menilai, banyaknya isi perjanjian kerja bersama yang mengenyampingkan kebutuhan buruh perempuan, bahkan minimnya keterlibatan buruh perempuan dalam perundingan, menjadi dua diantara banyaknya persoalan hak buruh perempuan yang menginspirasi TURC untuk menyelenggarakan Sekolah Buruh Perempuan.

“Itulah awal mula, kenapa TURC berpikir membuat sekolah buruh, yang tujuannya bisa mengangkat dan mensejajarkan kondisi kerja buruh perempuan melalui perjanjian kerja bersama yang lebih baik untuk buruh perempuan,” tegasnya.

Riska Nuraini, salah seorang peserta yang berasal dari SPSI mengutarakan keterlibatannya di Sekolah Buruh Perempuan. Harapannya, dia dapat menambah pengalaman dan mengetahui permasalahan yang dihadapai buruh perempuan selain di Perusahaannya. Selain Riska, hal serupa juga dipertegas oleh peserta lainnya dari SPN, Aprilia Nahrowi Putri yang ingin menjadikan pengalamannya ikut Sekolah Buruh Perempuan, sebagai bekal dirinya dalam kontestasi pemimpin serikat pekerja dari kalangan perempuan.

Membatasi ruang gerak buruh perempuan dalam memperjuangkan hak-haknya, justru akan menciderai jaminan, perlindungan, kepastian hukum dan keadilan yang telah dijamin dalam UUD 1945. Atas landasan konstitusional itulah, hak-hak buruh perempuan patut untuk diperjuangkan dalam pelaksanaannya.

Liputan lengkap Sekolah Buruh Perempuan dapat disaksikan dalam Program Pojok Buruh di BuruhOnlineTV.

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of