Minggu, 20 Oktober 2019 | Saatnya Buruh Cerdas
373

Slip Gaji & THR, Jadi Bukti Pekerja Melawan Pabrik Hydro Coco

Bandung, Buruh-Online.com – Sidang lanjutan dalam perkara perselisihan hak antara Novialdi Syarif dan kawan-kawan (23 orang) melawan PT. Hale International, Rabu (24/7/2019) tengah memasuki tahap penyerahan bukti surat dari Pihak Perusahaan. Ditemui usai persidangan, kuasa hukum Novialdi, Irman Siahaan menjelaskan bahwa pihaknya telah menyampaikan bukti diantaranya slip gaji dan pembayaran tunjangan hari raya.

Seperti telah diberitakan sebelumnya, Novialdi dan kawan-kawan meminta Pengadilan Hubungan Industrial (PHI) pada Pengadilan Negeri Bandung menjatuhkan putusan, yang selain memerintahkan PT. Hale membayar selisih kekurangan pembayaran upah sektoral, juga diantaranya menghukum Perusahaan untuk membayar kepada ke-23 Pekerja kekurangan Tunjangan Hari Raya Keagamaan tahun 2017 dan tahun 2018.

“Sesuai bukti yang ada, bahwa harus dibayar haknya dengan bukti slip gaji dan pembayaran THR,” ujar Irman. Novialdi berkeyakinan, bahwa produsen minuman jus seperti hydro coco dan minuman jus dalam kemasan itu, adalah Perusahaan yang harus membayar upah sektoral kepada buruhnya. Besaran upah minimum sektoral yang diminta oleh Novialdi adalah sebesar Rp4.052 ribu di tahun 2018, sedangkan upah minimum yang berlaku di Kabupaten Bogor yakni Rp3.483 ribu.

Hale International, dituntut untuk membayar kekurangan upah sejak tahun 2017 sampai dengan tahun 2018 sebesar Rp241,7 juta, dan kekurangan tunjangan hari raya keagamaan tahun 2017 dan tahun 2018 sebesar Rp113,3 juta. Tak hanya itu, Novialdi dan kawan-kawan juga meminta Majelis Hakim untuk menghukum Perusahaan membayar uang paksa Rp1 juta perhari, apabila Perusahaan tidak menjalankan putusan yang mengabulkan gugatannya.

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of