Senin, 26 Agustus 2019 | Saatnya Buruh Cerdas
368

Terbukti Belum Bayar Upah, Hakim Hukum PT. Sumber Mitra Jaya

Jakarta, Buruh-Online.com – Gugatan Ramses Marihot Pakpahan terhadap PT. Sumber Mitra Jaya, dikabulkan sebagian oleh Majelis Hakim Pengadilan Hubungan Industrial (PHI) pada Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, Kamis (18/7/2019). Dalam amar putusannya, Hakim Taryan Setiawan selaku Ketua Majelis Hakim, menghukum Perusahaan untuk membayar upah Ramses selama empat bulan, yang seluruhnya berjumlah sebesar Rp48 juta.

Ditemui usai persidangan, kuasa hukum Ramses, Marudut Ar Manik mengatakan putusan yang dibacakan tanpa kehadiran PT. Sumber Mitra Jaya itu, setidaknya hampir memenuhi harapannya. Akan tetapi, menurutnya, terima atau tidaknya atas putusan tersebut, diserahkan kepada Ramses selaku prinsipal dalam perkara perselisihan pemutusan hubungan kerja itu.

“Saya akan koordinasikan dengan klien saya, jika bilang maju ya saya akan maju,” ujarnya. Ia juga menegaskan, apabila Perusahaan hendak menjalankan putusan maka dirinya akan menyarankan untuk menerima. “Kalau nasehat saya, sudahlah terima saja,” lanjutnya.

Seperti telah diberitakan sebelumnya, Ramses tidak hanya membawa sengketa hubungan industrialnya ke PHI Jakarta Pusat. Tetapi juga melaporkan PT. Sumber Mitra Jaya ke Kepolisian Restort Jakarta Selatan, karena selama bekerja tiga bulan, dirinya hanya dibayar satu bulan upah. Dalam surat gugatannya yang diregister dengan Nomor Perkara 136/Pdt.Sus-PHI/2019/PN.Jkt.Pst, ia meminta kepada Majelis Hakim untuk menghukum Perusahaan dengan mewajibkan pembayaran hak-hak Marihot sebesar Rp140,4 juta.

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of