Senin, 26 Agustus 2019 | Saatnya Buruh Cerdas
188

Diberhentikan Setelah Dua Belas Tahun Dikontrak, Security Menggugat

Jakarta, Buruh-Online.com – Bekerja kembali dan upah selama tidak dipekerjakan menjadi tuntutan Agus Arif Budiman, yang diputuskan hubungan kerjanya secara sepihak oleh PT. G4S Security Solution Services. Alasannya, karena perjanjian kerja waktu tertentu (kontrak) yang telah ditandatanganinya telah berakhir.

Demikian dikatakan kuasa hukum Agus, Nana Kurnia, Rabu (7/8/2019) usai menghadiri persidangan yang digelar di ruang sidang Kusuma Atmadja, Gedung Pengadilan Hubungan Industrial (PHI) pada Pengadilan Negeri Jakarta Pusat. Nana dalam keterangannya menegaskan, bahwa alasan telah berakhirnya perjanjian kerja kontrak, bertentangan dengan masa kerja Agus yang telah bekerja sejak Desember 2006.

“Anggota kami (Agus) dari tahun 2006 sampai dengan sekarang ini, statusnya masih kontrak, tidak diangkat sebagai pekerja tetap,” ujar Nana. Ia mengatakan, dalam surat gugatan yang diajukan sejak 19 Juli 2019, pihaknya menuntut agar Pengadilan menyatakan perjanjian kerja Agus dengan PT. G4S sebagai perjanjian kerja waktu tertentu.

“Padahal Pasal 59 Undang-Undang Ketenagakerjaan (Nomor 13 Tahun 2003) itu, sifat jenis pekerjaan yang terus menerus itu harus diangkat sebagai pekerja tetap,” jelas Nana. Menurutnya, Dinas Tenaga Kerja juga telah menganjurkan, agar Perusahaan mempekerjakan kembali Agus pada jabatan dan posisi semula.

Persidangan yang dipimpin oleh Hakim M. Djoenanidie itu, kembali tidak dihadiri oleh Perusahaan. Sehingga, sidang kembali ditunda pekan depan, dengan agenda memeriksa identitas dari perwakilan PT. G4S Security Solution Services.

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of