Minggu, 20 Oktober 2019 | Saatnya Buruh Cerdas
179

Bekerja Kembali Setelah Dirumahkan Karena Perusahaan ‘Goyang’

Jakarta, BuruhOnline.com – Tanpa didampingi kuasa hukum, Khoirudin yang sejak tujuh tahun bekerja sebagai operator di PT. Sinar Kencana Teknik Mandiri itu, akhirnya dapat bernafas lega. Ia kembali mendapatkan pekerjaannya, setelah dirumahkan sejak 16 Juli 2018. Khoirudin mengaku dipekerjakan dengan perjanjian kerja waktu tertentu (kontrak) sejak masuk bekerja pada bulan Januari 2011.

Ia mengatakan, bahwa dirinya telah dikontrak secara berulang-ulang dengan durasi dari tiga bulan, enam bulan hingga satu tahun. “Kontrak saya yang pertama enam bulan, enam bulan, pertahun, pertahun, yang terakhir tiga bulan, tiga bulan,” ujar Khoirudin seusai menghadiri sidang mediasi di gedung Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Bogor, Jum’at (13/9/2019).

Atas pemberlakuan sistem kerja kontrak tersebut, ia berharap dapat diangkat sebagai pekerja tetap setelah Perusahaan mempekerjakannya kembali pada pekan depan. “Harapan saya seandainya dipekerjakan, saya ingin Perusahaan itu mengangkat saya sebagai karyawan tetap. Keduanya dari segi pembayaran juga sesuai dengan yang diatur undang-undang,” tegasnya.

Khoirudin dihadapan Pegawai Mediator Hubungan Industrial pada Disnaker Bogor Arifianto B, menyampaikan tuntutannya selain dipekerjakam kembali, yakni tunjangan hari raya, keterlambatan upah dan sisa upah yang belum dibayar saat ia dirumahkan. Alasan dirinya dirumahkan, menurut Khoirudin adalah karena kondisi keuangan Perusahaan yang sedang tidak stabil (goyang).

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of