Senin, 23 September 2019 | Saatnya Buruh Cerdas
113

Langsung Diberhentikan dan Diberi Vacklaring

Jakarta, BuruhOnline.com – Tanpa didampingi kuasa hukum, Johan Mozes Hukom yang kesehariannya bekerja sebagai Supervisor Material & Logistic, akhirnya menggugat PT. Mesitechmitra Purnabangun ke Pengadilan Hubungan Industrial (PHI) pada Pengadilan Negeri Jakarta Pusat. Tindakan tersebut dilakukannya, setelah anjuran Dinas Tenaga Kerja tidak dijalankan oleh Perusahaan.

Ia yang telah bekerja sejak tahun 2011 itu menceritakan, bahwa dirinya tiba-tiba diberikan vacklaring dan tidak lagi diperkenankan masuk bekerja. Atas pemberhentian secara sepihak tersebut, Mozes meminta hak-haknya sesuai dengan ketentuan perundang-undangan. Tetapi Mesitechmitra hanya bersedia memberikan uang pisah, yang tidak sesuai dengan besaran uang pesangon yang seharusnya ia terima.

“Tiba-tiba saya dikasih vacklaring. Saya meminta hak saya aja, selama tujuh tahun enam bulan,” ujar Mozes, Senin (2/9/2019) seusai menghadiri persidangan perdana yang digelar di ruang sidang Kusuma Atmadja 3, Gedung PHI Jakarta Pusat itu.

Dalam surat gugatannya, Mozes menuntut Perusahaan agar membayar uang kompensasi pesangon, penghargaan masa kerja dan penggantian hak, yang seluruhnya sebesar Rp91,8 juta. Ia juga meminta agar Majelis Hakim PHI Jakarta Pusat yang diketuai oleh Hakim Taryan Setiyawan itu, menghukum Perusahaan membayar upah selama tidak lagi mempekerjakan dirinya.

Tak hanya itu, Hakim Taryan diminta untuk meletakkan sita jaminan atas sebidang tanah dan bangunan yang terletak di Kawasan Berikat Nusantara (KBN) Marunda, Jakarta Utara, sebagai jaminan apabila gugatan Mozes dikabulkan.

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of