Minggu, 20 Oktober 2019 | Saatnya Buruh Cerdas
134

Tantangan Kerja di Masa Depan Bagi Buruh Perempuan

Jakarta, BuruhOnline.com – Tidak sedikitnya jumlah buruh perempuan di Indonesia, dinilai tidak dapat mengakses peluang untuk memiliki keterampilan yang tinggi, bahkan belum mendapatkan pekerjaan dengan upah tinggi dan kondisi kerja yang layak. Fenomena tersebut, dapat berdampak langsung pada buruh perempuan yang miskin dan terpinggirkan. Atas situasi tersebut, Trade Union Rights Centre (TURC) mengadakan workshop bersama lembaga perburuhan di Asia, dalam membangun solidaritas dan dinamisme yang lebih kuat dalam gerakan buruh.

Berlangsung di Jakarta sejak 10-12 September, para peserta yang terdiri dari beberapa tokoh pegiat buruh perempuan di India, Vietnam, Filipina, Malaysia, Jerman, Kolombia, dan Indonesia mendiskusikan berbagai isu dan bertukar pengalaman, pembelajaran dan mengembangkan strategi penguatan gerakan buruh perempuan. Dinda Zakiah Wahid dari TURC mengatakan, workshop tersebut juga bertujuan untuk membangun jaringan antar serikat buruh dan lembaga yang bergerak di ketenagakerjaan.

“Untuk juga membangun koneksi antara satu serikat buruh, NGO yang bergerak di isu ketenagakerjaan supaya bisa memperjuangkan hak-hak buruh secara lebih maksimal lagi,” ujar Dinda, Kamis (12/9/2019) di Hotel Santika Hayam Wuruk, Jakarta. Menurutnya, hasil-hasil dari workshop akan memberikan inovasi pada gerakan buruh perempuan yang tidak hanya dari satu sektor industri, tetapi juga gerakan buruh perempuan pada industri lain.

“Nantinya buruh-buruh perempuan muda yang akan masuk ke golongan kerja selanjutnya, itu bisa lebih mengerti lagi hak-haknya mereka itu apa sih?,” jelasnya. Dinda juga menambahkan, bahwa pihaknya hendak memperkuat kepemimpinan buruh perempuan, yang pada saat sekarang lebih cenderung berasal dari buruh yang usianya lebih tua.

“Jadi harapannya kedepan, buruh perempuan dan juga pekerja muda bisa mengambil alih kepemimpinan serikat buruh, supaya nanti gerakan buruh bisa lebih berwarna dan lebih baik lagi,” tandas Dinda.

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of