Jumat, 22 November 2019 | Saatnya Buruh Cerdas
620

Baru Diduga Sudah di-PHK, Taman Impian Jaya Ancol Digugat

Jakarta, BuruhOnline.com – Diputuskan hubungan kerjanya secara sepihak, Hari Budi Santoso menggugat PT. Taman Impian Jaya Ancol ke Pengadilan Hubungan Industrial (PHI) pada Pengadilan Negeri Jakarta Pusat. Hari tak terima jika dianggap telah melakukan pelanggaran berat. Sehingga, ia meminta Majelis Hakim yang diketuai oleh Hakim Taryan Setiawan, untuk memerintahkan Perusahaan mempekerjakan kembali dirinya.

Usai menghadiri persidangan, Kamis (17/10/2019), Riswanto selaku kuasa hukum Hari, mengaku pihaknya telah berupaya merundingkan permasalahan hubungan kerja tersebut. Bahkan menurutnya, Dinas Tenaga Kerja juga telah menerbitkan anjuran yang menyarankan Taman Impian Jaya Ancol untuk mempekerjakan kembali Hari ditempat semula.

“Kami (sudah) melakukan mediasi-mediasi, tetapi selalu mendapat jalan kebuntuan. Yang mana anjurannya, bahwa klien kami disuruh bekerja kembali,” tutur Riswanto. Lebih lanjut ia mengatakan, karena Perusahaan belum memberikan jawaban kesediaannya mempekerjakan kembali Hari, maka pihaknya mengajukan gugatan ke PHI Jakarta Pusat.

Selain tuntutan bekerja kembali, Hari dalam surat gugatannya juga meminta agar Pengadilan menetapkan upah yang belum dibayarkan sejak Oktober 2018, dan tunjangan hari raya tahun 2019. Riswanto berharap, PT. Taman Impian Jaya Ancol dapat menyelesaikan permasalahan secara kekeluargaan, atau setidak-tidaknya melaksanakan anjuran yang diterbitkan oleh Disnaker.

Dikatakan Riswanto, sidang ditunda hingga pekan depan, dan akan kembali digelar dengan agenda penyerahan jawaban gugatan dari PT. Taman Impian Jaya Ancol.

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of