Jumat, 22 November 2019 | Saatnya Buruh Cerdas
421

Mutasi Ditolak, Pekerja Dijerat Pasal Pengunduran Diri

Jakarta, BuruhOnline.com – Novi Setiawati menolak mutasi bukanlah tanpa alasan. Tak hanya jarak Jakarta – Palembang yang menjadi dasar penolakannya, tetapi juga karena ditempatkan pada badan usaha yang berbeda oleh PT. Citra Makmur Lestari Motorindo. Atas tindakan Perusahaan yang ia nilai telah bertentangan dengan Undang-Undang Ketenagakerjaan, maka Novi melalui pengurus serikat pekerjanya, Rohman mengajukan gugatan ke Pengadilan Hubungan Industrial (PHI) pada Pengadilan Negeri Jakarta Pusat.

Terhadap adanya dugaan penyimpangan yang dilakukan Perusahaan, ternyata juga di-aminkan oleh Dinas Tenaga Kerja. Dalam anjurannya, Disnaker menyarankan Perusahaan untuk mempekerjakan kembali Novi ditempat semula, yakni di Jakarta dan penetapan kekurangan upah. Akan tetapi, Novi justru diberhentikan secara sepihak oleh Perusahaan sejak bulan Agustus 2019.

“Berawal dari mutasi, berujung PHK sepihak. (Dan) isi anjuran Disnaker ya dipekerjakan kembali di PT (Citra Makmur Lestari Motorindo) sebelumnya di Jakarta,” ujar Rohman, Kamis (17/10/2019). Solahudin selaku salah satu kuasa hukum Novi juga menjelaskan, karena absensinya sudah dipindahkan dari Jakarta ke Palembang, maka Novi tidak lagi memiliki rekam jejak kehadiran.

“Karena memang absennya sudah dipindahkan, (maka) selama lima hari berturut-turut tidak masuk, dianggap mangkir akhirnya di-PHK dengan diskualifikasi mengundurkan diri,” lanjut Solahudin usai menghadiri persidangan yang digelar dengan agenda pemeriksaan identitas dari kuasa hukum Pekerja dan PT. Citra Makmur Lestari Motorindo.

Dalam surat gugatannya yang diregisterasi dengan Perkara Nomor 319/Pdt.Sus-PHI/2019/PN.Jkt.Pst., Novi juga menuntut pembayaran upah selama tidak dipekerjakan, dan agar Pengadilan menetapkan besaran uang paksa sebesar Rp300 ribu, apabila Perusahaan tidak menjalankan putusan yang mempekerjakan kembali Novi dengan posisi dan jabatan semula.

1
Leave a Reply

avatar
1 Comment threads
0 Thread replies
0 Followers
 
Most reacted comment
Hottest comment thread
1 Comment authors
Willy Recent comment authors
  Subscribe  
newest oldest most voted
Notify of
Willy
Guest
Willy

Sudah urgent UU hrs lebih jelas ttg mutasi. Terlalu sering ini jadi modus perusahaan dari sekedar utk mengisi posisi kosong yg kurang peminat, sampai modus supaya bs pecat tanpa bayar pesangon. Scr keseluruhan mutasi jg tdk masuk utk mental kerja, krn org dipaksa bekerja yg tdk sesuai passion nya. Smg kementerian tenaga kerja yg baru, memperhatikan masalah ini juga.