Jumat, 22 November 2019 | Saatnya Buruh Cerdas
494

Setelah 30 Tahun Bekerja, Pekerja Ini Malah Digugat Komatsu Indonesia

Jakarta, BuruhOnline.com – Bak seperti pepatah lama, panas setahun hilang diguyur hujan satu hari. Demikian perumpamaan yang dapat mengisahkan kemalangan yang sedang dialami Endra Pradata, yang telah bekerja selama 30 tahun 9 bulan di PT. Komatsu Indonesia. Ia dianggap telah melakukan pelanggaran berat, sehingga hanya diberikan uang kompensasi pengakhiran hubungan kerja enam bulan upah.

Padahal selama bekerja, Endra telah mendapatkan tiga kali penghargaan pengabdian kepada Perusahaan. Menurut Makki Yuliawan selaku kuasa hukumnya, Endra yang bekerja sebagai staff junior accounting dituduh menjadi penyebab tidak terpenuhinya pembayaran tagihan pihak ketiga. Dugaan yang belum pernah di-uji kebenarannya tersebut, menjadi alasan PT. Komatsu Indonesia menjatuhkan skorsing terhitung sejak 29 Mei 2018, hingga akhirnya diputuskan hubungan kerjanya secara sepihak pada Oktober 2018.

“Jadi (dia) tidak sebagai pengambil kebijakan, diatas beliau masih ada atasannya, terus masih ada lagi bagian purchasing accounting. Jadi kalau (ada) pengaduan mempercepat pembayaran supplier, (itu) kebohongan besar”, ujar Yuliawan, Rabu (9/10/2019) usai menghadiri persidangan yang digelar di ruang sidang Kusuma Atmadja 4, Gedung Pengadilan Hubungan Industrial (PHI) pada Pengadilan Negeri Jakarta Pusat.

Dalam surat gugatan yang diregisterasi dengan Perkara Nomor 293/Pdt.Sus-PHI/2019/PN.Jkt.Pst itu, PT. Komatsu Indonesia meminta Majelis Hakim yang diketuai oleh Hakim M. Djoenanidie, untuk menyatakan hubungan kerja dengan Endra Pradata putus terhitung sejak 30 September 2019. ‘Menyatakan dan menetapkan Pemutusan Hubungan Kerja antara Penggugat dan Tergugat sejak setidak-tidaknya tanggal 30 September 2019,’ demikian petikan tuntutan Perusahaan.

Selain uang pisah, Komatsu juga hanya bersedia memberikan uang penggantian hak 15% dari perhitungan uang pesangon dan uang penghargaan masa kerja, serta cuti yang belum diambil selama lima hari. Yuliawan mengaku, pihaknya akan menjawab gugatan Perusahaan pada pekan depan.

1
Leave a Reply

avatar
1 Comment threads
0 Thread replies
0 Followers
 
Most reacted comment
Hottest comment thread
0 Comment authors
Recent comment authors
  Subscribe  
newest oldest most voted
Notify of
trackback

[…] Endra, maka seharusnya diuji terlebih dahulu kebenarannya melalui pengadilan pidana. Seperti telah diberitakan sebelumnya, Endra yang bekerja sebagai staff junior accounting dituduh menjadi penyebab tidak […]