Jumat, 22 November 2019 | Saatnya Buruh Cerdas
1.673

Tak Ada Perjanjian Selama 2-3 Bulan, PT. Asmo Indonesia Tuntut Keabsahan Kontrak

Bandung, BuruhOnline.com – Dengan tidak adanya perpanjangan perjanjian kerja waktu tertentu (kontrak) selama 2-3 bulan, setelah berakhirnya masa kontrak. Maka menurut Rudol selaku kuasa hukum dari Yeyen Yuliasih dan kawan-kawan (15 orang), hubungan kerja mereka dengan PT. Asmo Indonesia berubah demi hukum menjadi perjanjian kerja waktu tidak tertentu.

Fakta tersebut, diperkuat dengan adanya bukti surat elektronik (e-mail) salah satu bagian administrasi HRD Perusahaan, yang menerangkan perjanjian kontrak Yeyen dan kawan-kawan diantaranya berakhir pada bulan Oktober-Nopember 2018, namun hingga Januari 2019 tidak dilakukan perpanjangan perjanjian kerja kontrak.

“Kontrak mereka itu sudah berakhir di Oktober-Nopember 2018. Tetapi mereka masih bekerja sampai Maret 2019, dan tidak ada tanda tangan kontrak kedua,” terang Rudol didampingi salah satu kuasa hukum Yeyen dan kawan-kawan, Rohwa, Senin (7/10/2019) usai menghadiri persidangan di gedung Pengadilan Hubungan Industrial (PHI) pada Pengadilan Negeri Bandung. Sehingga, lanjut Rudol, terjadi kekosongan hukum yang berakibat terjadinya peralihan status hubungan kerja.

Rudol mengakui, bahwa PT. Asmo Indonesia pernah membuat pengumuman berakhirnya perjanjian kontrak Yeyen dan kawan-kawan, pada 7 Oktober 2018. Namun pemberitahuan tersebut, tanpa adanya perpanjangan kontrak. Hal tersebut menurutnya, telah bertentangan dengan Pasal 57 ayat (2) Undang-Undang Nomor 13 Tahun 2003, yang mewajibkan adanya perjanjian kerja secara tertulis, jika hubungan kerja diadakan untuk waktu tertentu (kontrak).

Dalam surat gugatannya, Perusahaan meminta Majelis Hakim PHI Bandung, untuk menyatakan perjanjian kerja kontrak yang diadakannya sah dan telah sesuai dengan ketentuan perundang-undangan yang berlaku. Sedangkan terhadap adanya pengakhiran hubungan kerja pada bulan Maret 2019, PT. Asmo Indonesia meminta dirinya diwajibkan membayar ganti rugi sebesar upah sampai dengan berakhirnya jangka waktu perjanjian kerja kontrak.

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of