Minggu, 8 Desember 2019 | Saatnya Buruh Cerdas
1.673

Diduga Langgar Upah & Kontrak Kerja, Karang Taruna Somasi JNE Depok

Depok, BuruhOnline.com – Melalui kuasa hukumnya, Andrew Fritz Limahelu, belasan Pekerja dari PT. Indah Berkah Bersaudara yang merupakan badan usaha dibidang pengiriman dan logistik JNE Depok, berupaya untuk dapat melakukan musyawarah terkait dugaan adanya pelanggaran upah dan kontrak kerja yang diberlakukan oleh Perusahaan.

“Adanya ketidak-cocokan antara data yang dilaporkan pihak Perusahaan, dengan slip gaji yang diterima oleh rekan-rekan tenaga kerja,” jelas Fritz, Jum’at (16/11/2019). Ketidak sesuaian data dan slip gaji tersebut, timbul karena ketidak-jelasan perhitungan upah yang diberikan kepada Pekerja. Fritz menaksir besaran kerugian yang diderita Pekerja PT. Indah Berkah Bersaudara hingga mencapai Rp1,4 miliar.

“Bahwa kami ini sudah menyelesaikan masa percobaan selama tiga bulan. Artinya dalam undang-undang telah berbunyi ketika buruh atau karyawan yang telah melakukan masa percobaan selama tiga bulan, maka harus dijadikan karyawan tetap,” tegas Gibran yang juga sebagai Ketua Karang Taruna Baktijaya Kota Depok.

Sehingga menurutnya, Perusahaan seharusnya menetapkan karyawan tersebut menjadi pekerja tetap, bukan memperjanjikan pekerja yang telah melalui masa percobaan menjadi pekerja kontrak. Gibran menyebut, tindakan Perusahaan telah melanggar Undang-Undang Nomor 13 Tahun 2003, Keputusan Menteri Tenaga Kerja Nomor 100 Tahun 2004 dan Peraturan Daerah Kota Depok.

Ia juga menganggap, Perusahaan belum mempunyai iktikad baik dalam menyelesaikan kasus pengakhiran hubungan kerja beberapa Pekerja yang diantaranya merupakan Pengurus Karang Taruna Baktijaya Kota Depok itu. Fritz akan membawa permasalahan dugaan pelanggaran upah dan kontrak kerja melalui jalur hukum, apabila PT. Indah Berkah Bersaudara tak kunjung bersedia menyelesaikan permasalahan tersebut.

1
Leave a Reply

avatar
1 Comment threads
0 Thread replies
0 Followers
 
Most reacted comment
Hottest comment thread
1 Comment authors
Arya Dwipangga Recent comment authors
  Subscribe  
newest oldest most voted
Notify of
Arya Dwipangga
Guest
Arya Dwipangga

Setahu gw yg pernah kerja bukan di JNE, masa percobaan 3 bulan dan masa kontrak 9 bulan. Setelah itu perusahaan bisa mengangkat jadi karyawan tetap atau memberhentikannya atau kalau jika karyawan mau kontrak diperpanjang maka tandatangan kontrak baru. Masa perpanjang kontrak hanya boleh 1 kali perpanjangan, setelah itu harus diangkat sebagai karyawan tetap atau diberhentikan.