Jumat, 13 Desember 2019 | Saatnya Buruh Cerdas
184

Pasca Ikut Aksi Demo, Kameraman AntaraTV Diberhentikan

Jakarta, BuruhOnline.com – Sejak 28 Desember 2018, Perusahaan Umum Lembaga Kantor Berita Nasional Antara tidak lagi memperkenankan kameramannya, Erwin Andreas untuk bekerja seperti biasa. Pasalnya, perjanjian kerja kontrak (waktu tertentu) yang dibuat Perusahaan dengan Erwin telah berakhir. Padahal sebelumnya, perjanjian tersebut telah diusulkan untuk diperpanjang oleh atasan Erwin pada Maret 2018.

Sebelum diberhentikan, Erwin sempat ikut dalam aksi demonstrasi yang terjadi pada 4-12 Desember 2018. Demikian diceritakan Ahmad Fatana Haris selaku kuasa hukum Erwin, Rabu (6/11/2019). Lebih lanjut dikatakannya, Perusahaan juga telah memberhentikan teman Erwin yang turut dalam aksi. Karena upaya penyelesaian melalui musyawarah dan perantaraan Dinas Tenaga Kerja tidak tercapai, maka pihaknya mendaftarkan surat gugatan ke Pengadilan Hubungan Industrial (PHI) pada Pengadilan Negeri Jakarta Pusat.

“Jadi awal perkara ini, dari aksi teman-teman di depan kantor. Jadi dari aksi itu, teman Erwin sendiri setelah aksi dia di-PHK sepihak,” tutur Haris. Atas pemberhentian sepihak itu, Erwin yang telah bekerja sejak tahun 2005, meminta Majelis Hakim yang diketuai oleh Hakim M. Djoenanidie, untuk menyatakan hubungan kerjanya dengan Perusahaan Kantor Berita Antara sebagai pekerja tetap.

Ditambahkan Abdul Gofur selaku Ketua Umum Serikat Pekerja Kantor Berita Nasional Antara, Disnaker telah menganjurkan agar Erwin dipekerjakan kembali. “Namun anjuran tersebut diabaikan oleh manajemen. Nah maka dari itu kami membawa ini ke PHI, untuk mendapatkan keputusan yang berkeadilan,” ujarnya.

“Undang-undang tenaga kerja Pasal 59, demi hukum, teman-teman ini sudah harusnya berubah menjadi PKWTT. Mengingat masa kerja mereka, sudah diatas lima, bahkan diatas sepuluh tahun,” tambah Gofur. Ia juga menegaskan, bahwa Erwin merupakan salah satu pengurus dari Serikat Pekerja Kantor Berita Nasional Antara. Menurut Haris, sidang akan kembali dilanjutkan pada pekan depan dengan agenda pemeriksaan identitas dari pihak Perusahaan.

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of