Rabu, 29 Januari 2020 | Saatnya Buruh Cerdas
361

Menolak Dipindahkan ke Perusahaan Lain, Pekerja Diberhentikan Sepihak

Jakarta, BuruhOnline.com – Ditolaknya keinginan PT. Terang Jaya Lestari yang hendak memindahkan Pekerjanya HY ke Perusahaan lain itu, akhirnya berujung pada pemutusan hubungan kerja secara sepihak sejak Mei 2019 lalu. HY yang baru bekerja selama 2 (dua) tahun sebagai Asisten Manager Keuangan tersebut, menuntut pembayaran uang pesangon, tunjangan hari raya, dan upah yang belum diberikan.

Dikatakan kuasa hukum HY, Taufik Hidayat usai menghadiri persidangan mengatakan, pihaknya telah berupaya menyelesaikan secara bipartit untuk menyelesaikan permasalahan pemberhentian sepihak yang dilakukan oleh PT. Terang Jaya Lestari, namun tidak menghasilkan kesepakatan apapun. Bahkan anjuran Pegawai Mediator Hubungan Industrial pada Dinas Tenaga Kerja, juga tidak diindahkan Perusahaan.

“Dia (Perusahaan) ingin memindahkan ke PT lain. Tentu saja karena itu entitas hukum yang berbeda, tidak dibenarkan. Jadi harus dikeluarkan dulu dengan pesangon, baru masuk ke Perusahaan baru,” tutur Taufik, Senin (2/12/2019).

Dalam surat gugatan yang didaftarkan pada 8 Nopember 2019 lalu itu, HY meminta Majelis Hakim PHI Jakarta Pusat, untuk menyatakan sah dan berharga anjuran dari Disnaker Jakarta Barat Nomor : 050/097/HI-PHK-19/VIII/2019 tanggal 6 Agustus 2019. “Kita hanya menuntut dijalankan saja, apa yang jadi anjuran dari Disnaker dan uang tunggu,” ujar Taufik.

Sidang pertama yang bergendakan pemeriksaan kelengkapan identitas para pihak yang dipimpin oleh Hakim Taryan Setiawan itu, hanya dihadiri pihak HY. Sedangkan pihak Perusahaan tidak hadir. Sehingga persidangan ditunda hingga pekan depan, untuk memberikan kesempatan kepada PT. Terang Jaya Lestari menyerahkan jawaban gugatan.

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of