Rabu, 29 Januari 2020 | Saatnya Buruh Cerdas
100

Absensi Dihapus, Penolakan Mutasi Jadi Alasan Kualifikasi Mengundurkan Diri

Jakarta, BuruhOnline.com – Sejak November 2018, Ilyas dianggap telah mengundurkan diri karena tidak masuk bekerja pada posisi, dan tempat kerja di cabang lain milik PT. Batavia Bintang Berlian. Padahal, Ilyas tetap masuk bekerja akan tetapi data absensi yang terdaftar dalam finger print, telah dihapus oleh Perusahaan. Sehingga data kehadiran Ilyas tidak terekam dalam mesin absensi.

“Awalnya masalah ini dimutasikan, kemudian mutasi itu ditolak karena tidak jelas alasannya. Nah sejak efektif berlaku mutasi, satu bulan kemudian masih bekerja,” tutur Amin selaku kuasa hukum Ilyas, Kamis (9/1/2020). Selain itu, Perusahaan juga mengaku telah memanggil Ilyas untuk masuk bekerja di cabang yang baru, tetapi Ilyas membantahnya. Sebab, ia mengaku tidak pernah mendapatkan surat panggilan bekerja dari PT. Batavia Bintang Berlian.

Menurutnya usai menghadiri persidangan yang digelar diruang sidang Sarwata, gedung Pengadilan Hubungan Industrial (PHI) pada Pengadilan Negeri Jakarta Pusat. Pihaknya telah menyerahkan beberapa bukti surat, diantaranya rencana pengalihan Perusahaan dan surat mutasi ke cabang yang baru.

Amin juga meragukan kebenaran bukti pemanggilan kerja yang disampaikan PT. Batavia Bintang Berlian. Sebab tidak ada tanda terima surat. “Sejak diperkarakan, katanya dianggap mangkir,” tandasnya. Dalam tuntutannya, Ilyas meminta Majelis Hakim yang diketuai oleh Hakim Taryan Setiawan, untuk menghukum Perusahaan membayar uang kompensasi pengakhiran hubungan kerja, kekurangan upah dan upah selama tidak dipekerjakan.

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of