Sabtu, 4 April 2020 | Saatnya Buruh Cerdas
459

Tak Diberi Tunjangan Transport dan Tempat Tinggal, Pekerja Tolak Dimutasi

Jakarta, BuruhOnline.com – Beni Jaelani dan Ahmad Eri Sofyan tidak keberatan dimutasikan dari tempat kerjanya semula di Jakarta ke Cikande, Serang. Asalkan diberi tunjangan transport dan tempat tinggal. Terhadap permintaan tersebut, PT. Prima Indah Lestari tidak mengabulkannya. Sehingga Beni dan Ahmad menyatakan tidak bersedia dipindahtugaskan. “Apa yang diminta oleh teman-teman kita, perubahan terhadap transportasi, kemudian tempat tinggal, ini tidak dikabulkan oleh pihak Perusahaan,” ujar Samsuri selaku kuasa hukum kedua Pekerja.

“Maka kami dengan tegas menolak, karena persyaratan yang kita minta tidak dipenuhi Perusahaan,” tegas Samsuri, Rabu (8/1/2020). Penolakan yang dilakukan Beni dan Ahmad yang juga menjadi pengurus serikat pekerja, mengakibatkan Perusahaan memberhentikan keduanya secara sepihak terhitung sejak pertengahan tahun 2019. Tindakan pemutusan hubungan kerja itu, dibolehkan Dinas Tenaga Kerja. Padahal Beni dan Ahmad mengaku ingin tetap bekerja di PT. Prima Indah Lestari.

“Tuntutan kami adalah untuk dipekerjakan kembali,” jelas Samsuri usai menghadiri persidangan yang digelar di Pengadilan Hubungan Industrial (PHI) pada Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, dengan agenda pemeriksaan identitas para pihak tersebut. Karena pihak Perusahaan tidak hadir dalam sidang perdana itu, Majelis Hakim yang diketuai oleh Hakim M. Djoenanidie menunda persidangan hingga pekan depan, untuk memberikan kesempatan kepada PT. Prima Indah Lestari untuk menyampaikan jawaban gugatan.

Dalam surat gugatannya, Beni dan Ahmad menuntut untuk dipekerjakan kembali di Perusahaan yang memproduksi kabel tersebut. Keduanya juga meminta pembayaran upah selama tidak dipekerjakan sejak bulan Juli 2019 beserta kekurangan upah sektoral yang seluruhnya berjumlah sebesar Rp47,2 juta. Tak hanya itu, PHI Jakarta Pusat diminta untuk menghukum pembayaran uang paksa, apabila Perusahaan tidak menjalankan putusan yang mengabulkan gugatan Beni dan Ahmad.

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of