Minggu, 5 Juli 2020 | Saatnya Buruh Cerdas
507

Tuntutan Belum Dipenuhi, Buruh Duduki Ruko Citra Motor

Jakarta, BuruhOnline.com ­– Bentangan spanduk berisi tuntutan pembatalan pemindahan lokasi kerja, dan tenda perjuangan didirikan oleh para buruh di depan kantor PT. Citra Motor Lestari Motorindo, Bungur, Jakarta Pusat. Langkah itu terpaksa ditempuh Rohman dan kawan-kawan, karena adanya kemungkinan bagi pengusaha untuk melakukan tindakan yang dapat merugikan Pekerja.

Lagipula menurut Rohman, upaya penyelesaian perselisihan sedang dalam tahap pemeriksaan saksi-saksi di Pengadilan Hubungan Industrial (PHI) pada Pengadilan Negeri Jakarta Pusat. “Perkembangan sudah masuk sidang pengadilan,” ujar Rohman, Kamis (23/4/2020). Ditambahkannya, para saksi yang ia hadirkan menegaskan kepemilikan unit usaha Perusahaan hanya ada di Jakarta.

“PT. Citra ini hanya ada cabang di Jakarta, yaitu Pangeran Jayakarta dan di Bungur,” tandasnya. Kesaksikan itu dianggap penting, untuk membuktikan lokasi kerja baru yang berada di Palembang, bukanlah milik PT. Citra Motor Lestari Motorindo, melainkan Perusahaan lain yang berbeda badan hukum yaitu PT. Thamrin Brother.

Ia juga mengatakan, pihaknya berjaga-jaga di ruko dengan dua shift, yakni pagi dan malam. Ruko yang kesehariannya digunakan sebagai kantor tersebut, sudah mulai tidak beroperasi sejak akhir Januari 2020. Perusahaan telah menawarkan nilai kompensasi pemutusan hubungan kerja, jika Pekerja menolak dimutasikan. “Perusahaan hanya menyanggupi uang pisah sekitar dua kali upah,” terang Rohman.

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of